Search

Hamil Anggur Banyak Dialami Perut Hamil Tapi Gagal Janin

Hamil anggur (Mola hidatidosa) banyak dialami perempuan. Perut hamil tapi gagal membentuk janin dalam kandungan. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dapat mencegah terjadinya hamil anggur. Hamil anggur adalah kehamilan abnormal karena pertumbuhan yang berlebihan dari sel-sel plasenta atau ari-ari yang berbentuk gelembung-gelembung seperti buah anggur. Dalam kedokteran sebenarnya tidak mengenal istilah Hamil Anggur. Kedokteran menyebut kehamilan abnormal berupa tumor jinak yang terjadi akibat kegagalan pembentukan janin, “bakal janin” ini dengan istilah Mola hidatidosa.

Umumnya, tidak ada pertumbuhan janin dalam hamil anggur. Akan tetapi ada sedikit hamil anggur yang disertai dengan pertumbuhan janin yang mengalami kelainan atau cacat bawaan atau disebut hamil anggur parsial. Tumor jinak mirip anggur tersebut asalnya dari trofoblas, yakni sel bagian tepi ovum atau sel telur, yang telah dibuahi, yang nantinya melekat di dinding rahim dan menjadi plasenta (tembuni) serta membran yang memberi makan hasil pembuahan. Hamil anggur atau Mola hidatidosa dapat terjadi karena: 1). Tidak ada buah kehamilan (agenesis) atau ada perubahan (degenerasi) sistem aliran darah terhadap buah kehamilan, pada usia kehamilan minggu ketiga sampai minggu keempat, 2) Aliran (sirkulasi) darah yang terus berlangsung tanpa bakal janin, akibatnya terjadi peningkatan produksi cairan sel trofoblas (bagian tepi sel telur yang telah dibuahi), 3) Kelainan substansi kromosom (kromatin) seks.

Penyebab hamil anggur belum diketahui secara pasti. Tetapi diduga pencetusnya antara lain kekurangan gizi dan gangguan peredaran darah rahim.

Gejalanya
Gejala dari penyakit
ini dintunjukan sebagaimana orang hamil normal, tanda awal persis kehamilan biasa, misalnya terlambat haid, keluhan mual, muntah. Hanya saja keluhan tersebut lebih hebat. Jika diperiksa tes kehamilan, hasilnya positif juga. Selain gejala umum di atas, tanda-tanda lain diantaranya: tidak ada tanda-tanda gerakan janin, rahim nampak lebih besar dari umur kehamilan, misalnya terlambat 2 bulan, rahim nampak seperti hamil 4 bulan, keluar gelembung cairan mirip buah anggur bersamaan dengan perdarahan.

Pengobatan
Jika penderita ingin punya anak maka bisa dilakukan pembersihan rahim. Jika tidak, maka penanganan medisnya dengan mengangkat rahim.

Melany Sofyan 18 Jan, 2011


--
Source: http://www.ibubayi.com/info-ibu/hamil-anggur-banyak-dialami-perut-hamil-tapi-gagal-janin.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Delete this element to display blogger navbar

 
© 2010 Buah hati|tips merawat bayi is proudly powered by zidan-zain